cara mudah merawat sepatu

1 1

Cara Merawat Sepatu UGG – Setiap orang pasti memiliki sepatu untuk di gunakan sebagai alas kaki atau sebagai fashion. Namun banyak juga orang yang ingin sepatunya sangat terswat, berikut adalah beberapa cara untuk merawat sepatu boots saat musim hujan tiba

1. Kenali bahan sepatu boots untuk penanganan yang tepat
Sebelum membeli sepatu boots sebaiknya kenali dulu bahannya. Karena sepatu dengan bahan yang berbeda pasti membutuhkan perawatan yang berbeda pula. Hal itu tak lain agar kamu melakukan penanganan yang tepat dan tak bikin sepatu boots kamu jadi rusak. Misalnya, kalau boots berbahan suede terkena hujan, maka kamu hanya perlu membersihkannya pakai lap kering atau sikat khusus sepatu dan disikat searah jarum jam.

Atau misalnya kamu memiliki sepatu berbahan kulit, maka sebaiknya sebisa mungkin kamu menghindari terkena basah. Jemur di bawah terik matahari karena akan mencegah timbulnya jamur di sepatu boots. Yang pasti, sepatu boots sebaiknya tidak digunakan ketika musim penghujan seperti sekarang ini, ya.

2. Selalu bersihkan setelah aktif memakai sepatu boots
Setelah beraktivitas seharian menggunakan sepatu boots, ketika musim penghujan tentu boots menjadi lebih kotor dari biasanya. Meski demikian, kadang kamu masih saja malas untuk membersihkan sepatu sehabis dipakai dan langsung saja menaruhnya di rak sepatu. Padahal sepatu boots akan lebih awet kalau kamu membersihkannya setelah dipakai.

Jika sepatu boots kamu tidak basah, coba bersihkan dengan sikat khusus sepatu untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Namun, apabila sepatu boots basah karena kena cipratan air hujan, usahakan untuk menjemurnya di bawah sinar matahari terik untuk menghilangkan jamur dan bau yang tidak sedap.

3. Pakai kaus kaki kering agar tidak memicu jamur
Tips ketiga yang bisa kamu lakukan untuk merawat sepatu boots bahkan jenis sepatu lainnya adalah kamu harus memakai kaus kaki yang kering. Karena kalau kamu memakai kaus kaki yang basah membuat bagian dalam sepatumu menjadi lembab dan bau.

Baca Juga  : Tips Mudah Rawat Sepatu Supaya Tetap Awet Meski Sering Dipakai

Selain bagian dalam sepatu menjadi lembab, kaus kaki yang basah dapat membuat kaki menjadi berbau tidak sedap. Selain itu, menggunakan kaus kaki basah juga membuat bagian dalam sepatumu mudah berjamur. Cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jamur dan bau tidak sedap adalah dengan mengeringkan di bawah sinar matahari.

4. Aplikasikan silica gel sebelum boots disimpan
Hal keempat yang bisa kamu lakukan untuk merawat sepatu boots adalah dengan mengaplikasikan silica gel di dalamnya agar terhindar dari serangan jamur. Mengapa memakai silica gel penting? Hal itu karena, karena silica gel menyerap kelembaban sepatu dan menjaganya tetap kering, sehingga bebas dari jamur.

Untuk menghilangkan bau yang tidak sedap kamu lakukan adalah menyemprotkan cairan pewangi khusus sepatu yang tersedia di toko atau supermarket. Sebaiknya penyemprotan cairan pewangi khusus sepatu ini dilakukan saat boots benar-benar kering dan tidak sedang digunakan untuk berpergian, ya.

5. Simpan boots di kotak sepatu dan tidak pada tempat lembab

Hal terakhir yang dapat kamu lakukan adalah menyimpan sepatu boots di dalam kotak sepatu. Selain menjaga boots tetap awet, menyimpannya di dalam kotak membuat sepatumu rapi dan tertata. Selain itu, usahakan tempat penyimpanan tidak lembab karena kondisi itu bisa memicu munculnya jamur. Kondisi penyimpanan sepatu yang lembab juga bisa membuat sepatu bau ketika dipakai.

sepatu sepatu

Tips Mudah Rawat Sepatu Supaya Tetap Awet Meski Sering Dipakai – Siapa, sih, yang nggak pengen awet tampil keren dengan sepatu favoritnya? Bukan cuma buat digunakan sehari-hari, sepatu juga merupakan bagian dari fashion statement kamu.

Nah, kalau terlalu sering digunakan tentu sulit menjaga kondisi sepatu tetap bersih dan awet. Namun, begitu kamu rajin mencuci sepatu, justru dapat memperpendek usia sepatu, tuh!

3 Tips Paling Efektif untuk Menjaga Agar Sepatu Favorit Kamu Awet

beberapa tips mudah menjaga sepatu tetap bersih. Khususnya 3 tips berikut ini wajib banget buat kamu aplikasikan agar sepatu favorit tetap awet dan terjaga kondisinya. Yuk simak!

1. Bersihkan langsung saat kotor

Hal utama yang harus kamu perhatikan agar sepatu atau sneakers favorit awet adalah membersihkannya langsung saat kotor. Tidak perlu selalu dicuci, kok. Setidaknya setelah kamu pakai sehari-hari lakukan pembersihan ringan untuk mencegah kotoran menempel di sepatu kamu. Begitu kotoran sudah menempel terlalu lama, nih, bakal semakin sulit dibersihkan dan dapat merusak tampilan sepatu kamu secara permanen. Kamu bisa menyikat kotoran yang kering dari permukaan sepatu menggunakan sikat gigi halus, kemudian gunakan lap basah untuk menyekanya sampai bersih.

2. Semprotkan pembersih dan pelindung khusus

Langkah paling mudah untuk membersihkan sepatu favorit yaitu menggunakan semprotan pembersih dan pelindung khusus. Jika mengaku pencinta sepatu atau sneakers sejati, semprotan pembersih dan semprotan pelindung sepatu akan jadi ‘senjata ampuh’ kamu. Semprotan pelindung khusus ini membantu sepatu kamu melawan kotoran agar tidak menempel dan mudah dibersihkan. Kini, berbagai semprotan tersebut semakin banyak jenisnya. Bahkan di antaranya sudah sangat canggih karena dapat membuat sepatu kamu jadi antiair.

3. Segera keringkan ketika basah

Air merupakan musuh utama bagi berbagai jenis sepatu! Mulai dari sepatu berbahan suede hingga kulit yang kuat pun akan cepat rusak kalau terkena air. Yuk, biasakan selalu menjaga kondisi sepatu kamu tetap kering setelah digunakan, apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini. Bukan cuma bagian luarnya yang harus kering, pastikan bagian dalam sepatu juga kering agar tidak lembap dan menimbulkan bau. Untuk mengeringkan sepatu setelah kamu gunakan, cukup gunakan handuk kecil atau lap halus agar tidak merusak permukaan sepatu.

Trik Bikin Sepatu Favorit Kamu Agar Awet

4. Keringkan sol sepatu dengan handuk/lap halus

Langkah menjemur sepatu sebenarnya efektif untuk mengeringkan sepatu. Namun, hal ini tidak boleh terlalu sering dilakukan. Mengapa? Jika terlalu sering dijemur dan terpapar sinar matahari saat kondisinya masih basah, hal ini dapat mempercepat turunnya kondisi sepatu. Begitu pula untuk bagian insole, jika terlalu sering dijemur kondisi insole sepatu pasti akan cepat rusak. Khusus bagian insole, nih, gunakan handuk/lap halus setelah dicuci agar menyerap sisa air, lalu gunakan hair dryer atau kipas angin untuk mengeringkannya.

5. Gunakan penghapus untuk membersihkan karet midsole

Selain bagian insole, bagian karet pada midsole juga harus kamu perhatikan cara membersihkannya. Biasanya noda paling sering menempel pada bagian ini yang membuatnya sangat sulit untuk dibersihkan meski sudah dicuci berkali-kali. Cara paling mudah untuk membersihkan midsole tanpa mencucinya terlalu sering adalah menggunakan penghapus karet. Hapus noda membandel tersebut dengan penghapus karet secara perlahan seperti saat kamu menghapus tulisan di kertas.

6. Cuci menggunakan detergen lembut

Sebenarnya mencuci dengan detergen dapat membuat warna sepatu kamu cepat pudar. Apalagi tidak semua jenis sepatu bisa dicuci menggunakan detergen biasa. Pilih detergen berjenis mild atau lembut, misalnya detergen khusus untuk mencuci pakaian dan perlengkapan bayi. Jenis ini dijamin lebih lembut daripada deterjen biasa. Mild detergent mempunyai kandungan kalsium karbonat yang mencegah noda kekuningan pada sepatu favorit kamu. Gunakan air hangat sebagai campuran detergen ini saat kamu akan mencuci sepatu kamu.

Baca Juga : Rawat Sepatu Boots Ugg Agar Terlihat Seperti Baru

7. Gunakan lotion khusus bahan suede

Merawat sepatu berbahan suede cukup tricky karena tidak bisa dicuci seperti biasa. Bulu suede yang halus akan menjadi kaku dan kasar ketika kamu coba mencucinya menggunakan air dan detergen biasa. Sebaiknya gunakan cairan atau lotion khusus pada sepatu suede-mu secara rutin. Tujuannya untuk menjaga bahan suede pada sepatu kamu tetap lembut dan halus. Meski lebih ribet, dijamin jika kamu pintar dalam perawatannya, sepatu suede bisa sangat awet dan panjang usianya.

8. Gunakan sikat gigi

Hal ini sudah awam banget, sih, buat para pencinta sepatu atau sneaker. Namun, kalau kamu belum tahu, sikat gigi juga jadi senjata wajib untuk membersihkan sepatu.

Pastikan saat mencuci dan membersihkan sepatu kamu menggunakan sikat gigi. Pilih yang berbulu halus, bukan menggunakan sikat baju yang kaku dan sulit menjangkau sela-sela permukaan sepatu. FYI, bulu sikat gigi yang halus tidak akan merusak sepatu. Selain itu, sikat gigi lebih mudah digunakan untuk membersihkan sepatu ketimbang spons.

Nah itu dia tips mudah dalam merawat sepatu supaya tetap awet walau sering di pakai, semoga artikel ini membantu